UNBK Lancar, Siswa Difabel Ikut Ujian

UNBK Lancar, Siswa Difabel Ikut Ujian Jenjang SMA / MA

Radartvnews.com- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA serentak dilaksanakan hari ini (1/4/2019). Di hari pertama ini pelaksanaan UNBK secara keseluruhan berjalan lancar.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharinamenyampaikan  hasil dari pantauan disdikbud belum mendapat ada laporan terkait adanya gangguan dalam pelaksanaan UNBK di lampung.

“disdikbud belum mendapat ada laporan terkait adanya gangguan dalam pelaksanaan UNBK dari Bandar alampung maupun di luar kota,” ujar Diona.

Dirinya juga menyebut, tahun ini sebanyak 78 siswa berkebutuhan khusus yang berasal dari SMA Luar Biasa juga melaksanakan unjian nasional namun berbasis cetak.

Di SMAN 14 Bandar Lampung peserta mengikuti UNBK berjumlah 255 siswa. Dari jumlah tersebut tiga siswa diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus atau inklusi yaitu memiliki keterbatasan lambat belajar, autis dan tuna grahita. Namun para siswa tersebut mampu mengoperasikan komputer dengan baik.

“peserta mengikuti UNBK berjumlah 255 siswa tiga siswa diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus atau inklusi,” jelas Tri Winarsih Kepala sekolah SMAN 14 Bandar Lampung.

Sementara Kepala Sekolah Luar Biasa Bina Insani Ance Setia Andayanimenyebut, tidak ada kesulitan dalam melaksanakan ujian disekolahnya pasalnya para siswa sudah terbiasa menggunakan huruf Braille.

“siswa sudah terbiasa mengunakan huruf Braille, jadi ujian tak ada kendala,” kata Ance.(krp/san)