Unila Bekukan Seluruh UKM Mapala

Radartvnews.com – Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin, membekukan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam, khususnya UKM Cakrawala Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

Langkah ini diambil sebagai bentuk pembelajaran, khususnya bagi UKM  yang memiliki kegiatan pembinaan Pendidikan Dasar (Diksar), sehingga ke depan tidak ada lagi korban jiwa akibat mengikuti Diksar UKM.

Selain itu, Hasriadi Mat Akin juga telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan evaluasi seluruh UKM yang ada, karena dikhawatirkan selama ini kurikulum maupun SOP yang dijalankan dalam melakukan Diksar maupun tujuan dari UKM itu sendiri tidak jelas.

Sementara terkait persoalan yang terjadi di UKM Cakrawala FISIP, dirinya telah menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke pihak kepolisian untuk diusut tuntas. Karena jika terbukti ada kelalaian mapun tindak kekerasan, maka harus diproses secara hukum, baik itu mahasiwa maupun senior yang terlibat dalam pelaksanaan Diksar.

Sementara untuk sanksi akademik yang akan diberikan, Hasriadi Mat Akin masih menunggu proses hukum yang sedang berlangsung, dan apabila terbukti ada unsur pidana, maka secara otomatis akan dikeluarkan dari Universitas Lampung. (Kuh/Rie)