Unila Buka Peluang Dosen Asing Untuk Bidang Keilmuan Tertentu

    Unila Buka Peluang Dosen Asing Untuk Bidang Keilmuan Tertentu
    Unila Buka Peluang Dosen Asing Untuk Bidang Keilmuan Tertentu

    radartvnews.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi berniat menyederhanakan izin masuk bagi dosen asing ke Indonesia. Selama ini izin masuk para dosen asing tidaklah mudah, sebab mereka harus melalui berbagai macam proses administrasi di berbagai lembaga seperti Kementerian Hukum dan HAM untuk izin masuk dan Kementerian Tenaga Kerja untuk izin bekerja.

    Menanggapi hal tersebut Salah satu Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung, Irza Sukma mengaku tidak mempermasalahkan kehadiran dosen asing nantinya, selama kehadiran dosen asing yang masuk ke Indonesia ini bisa meningkatkan jiwa kompetisi dosen-dosen lokal untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Meski demikian harus ada Regulasi yang jelas terhadap para dosen asing ini agar tidak menyingkirkan dosen-dosen lokal yang ada.

    Sementara itu Rektor Unila Hasriadi Mat Akin juga mengatakan bahwa memang belum banyak dosen asing yang masuk ke Indonesia karena izin mengajar yang cukup sulit, menurutnya Indonesia masih membutuhkan banyak dosen yang berkualitas baik itu asing maupun lokal, Sehingga tidak menutup kemungkinan dosen asing datang ke Indonesia.

    Hasriadi menjelaskan bahwa untuk Universitas Lampung sendiri tidak menutup kemungkinan jika memang harus mendatangkan dosen-dosen asing untuk mengajar, namun pada bidang keilmuan tertentu dimana memang sulit mencari dosen lokal pada bidang tersebut.(liza/cat)