USBN Hari Pertama, Lembar Soal Banyak Rusak

USBN Hari Pertama, Lembar Soal Banyak Rusak

radartvnews.com- Hari ini pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) jenjang SMA,MA dan SMK digelar serentak. Berdasarkan pantauan disejumlah sekolah pelaksanaan USBN hari pertama dimulai sejak senin 919/3) pukul 7.30 pagi.

Ketua panitia USBN SMA Negeri 9 Bandar Lampung Sri Purwiyatni mengatakan, ujian sekolah berstandar nasional disekolahnya diikuti oleh 483 siswa dengan rincian 264 siswa jurusan IPA dan 108 siswa jurusan IPS.

“hari pertama pelaksanaan banyak lembar soal yang rusak terutama pada mata pelajaran biologi, ada 11 soal yang hilang pada lembar soal, namun hal tersebut langsung diantisipasi dengan kelebihan lembar soal yang ada,” ujar Sri.

Senada disampaikan Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Bandarlampung Panca Indrawati,  pada mata pelajaran pendidikan agama ada jawaban soal ganda, ini menyebabkan siswa cukup kebingungan dalam menjawab soal tetapi hal ini segera dilaporkan dalam berita acara ujian.

Salah seorang peserta USBN Galuh Dwikartika mengaku tidak kesulitan dalam menjawab soal-soal USBN, siswa SMK jurusan multimedia ini mengatakan hanya ada beberapa soal agama yang cukup sulit dipahami, selain itu ada juga soal-soal pilihan ganda yang pilihan jawabannya double sehingga dirinya hanya menjawab pada salah satu pilihan jawaban.

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional ini berlangsung mulai tanggal 19 hingga 27 maret 2018. Soal-soal ujian 75 % dibuat oleh MKKS Provinsi dan 25 % dibuat oleh pusat.(liz/lat/san)