Verifikasi Akhir Sekolah Rujukan Selesai Di Lakukan

Verifikasi Akhir Sekolah Rujukan Selesai Di Lakukan
Verifikasi Akhir Sekolah Rujukan Selesai Di Lakukan

radartvnews.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung akan fokus menerapkan sekolah rujukan untuk jenjang menengah setelah proses pengalihan kewenangan dikmen dari kabupaten kota dialihkan ke provinsi. Sekolah rujukan ini akan fokus diterapkan di 5 kabupaten kota yang ditunjuk dengan alasan sudah siap secara peningkatan mutu dan standar ketersediaan sarana dan prasarana sehingga tidak terlalu sulit untuk dijadikan role model sekolah rujukan.

Hal ini disampaikan kepala bidang pendidikan menengah dan tinggi Disdikbud Provinsi Lampung, Teguh Irianto. Saat ini pihaknya sedang melakukan proses verifikasi tahap akhir untuk sekolah-sekolah yang akan ditunjuk menjadi sekolah rujukan, untuk tahun awal sekolah rujukan akan dilakukan di 10 sekolah masing-masing 5 sekolah SMA dan 5 sekolah SMK. Penunjukan sekolah rujukan ini juga harus  memenuhi delapan unsur standar pendidikan mulai dari standar kompetensi lulusan hingga pengelolaan manajemen, pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan.

Untuk pagu anggaran sekolah rujukan yang diusulkan sebanyak 10 milyar, rencananya sekolah rujukan ini akan mulai dijalankan pada bulan Oktober mendatang. Teguh juga menambahkan sekolah rujukan tersebut nantinya akan dipilih sekolah yang sebelumnya pernah menyandang predikat sebagai sekolah model atau rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI).(liz/ayu/bowo)