Scroll untuk membaca artikel
Tanggamus

Waduk Batutegi Susut Lima Meter

1
×

Waduk Batutegi Susut Lima Meter

Share this article
Waduk Batutegi Susut Lima Meter
Waduk Batutegi Susut Lima Meter

radartvnews.com – Penyusutan volume air Bendungan dipekon Batu Tegi, kecamatan Air Naningan, Tanggamus ini diungkapkan langsung kepala sub unit batu tegi kabupaten Tanggamus.

Menurut kepala sub unit Bendungan Batu Tegi kabupaten Tanggamus Tumijo mengatakan bahwasannya, memasuki musim kemarau ini kondisi air yang ada di Bendungan Batu Tegi mengalami penurunan debit air sebanyak 5 meter dari kondisi biasanya.

Dia juga menambahkan Bendungan Batu Tegi saat ini hanya menerima asupan air, dari lima anak sungai yang ada hanya sebesar 6 meter kubik. Sedangkan kebutuhan pengeluaran air pada musim tanam gadu ini sebesar 30 meter kubik.

Selain itu juga Tumijo menambahkan bahwasannya aliran Bendungan Batu Tegi, yang memasok kebutuhan air untuk sarana irigasi di wilayah sungai sekampung meliputi UPT Batang Hari 9.652 ha, UPT Bunut 5.297 ha, UPT Batang Hari Utara 4.721 ha, UPT Raman Utara 4.216 ha, UPT Bekri 5.000 ha, UPT  Rumbia 5.106 ha, UPT Punggur Utara 21.181 ha dan total keseluruhan mencapai 55.373 ha. (edi/rie)