Scroll untuk membaca artikel
Lampung SelatanPemprov Lampung

Wagub Bachtiar Minta Wakil Kada Tindaklanjuti Hasil Pengawasan Pembangunan

1
×

Wagub Bachtiar Minta Wakil Kada Tindaklanjuti Hasil Pengawasan Pembangunan

Share this article
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri Saat Memberikan Piagam Penghargaan kepada Salah Satu Wakil Kepala Daerah pada Gelarwasda di Kalianda Lampung Selatan

Radartvnews.com-Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meminta seluruh Wakil Walikota dan Wakil Bupati se-Lampung benar-benar memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing terkait tindak lanjut hasil pengawasan instansi.

 

“Pada kesempatan ini kita undang seluruh Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Provinsi Lampung dalam acara Gelarwasda ini tidak lain untuk menekankan agar mengetahui bahwa tugas masing-masing salah satunya untuk menindaklanjuti hasil pengawasan baik yang dilakukan BPK, Dirjen, maupun aparat pengawasan lainnya. Jadi semuanya harus mengetahui tanggung jawab utama itu ada di tangan Wakil Bupati dan Wakil Walikota,” Bachtiar Basri di hadapan seluruh Wakil Bupati dan Wakil Walikota beserta seluruh Inspektur se-Provinsi Lampung saat memberi sambutan dan sekaligus membuka Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda)  di Negeri Baru Resort Kalianda, Selasa (4/12/18).

Wagub Lampung Bachtiar Basri Memberikan Sambutan pada acara Gelarwasda di Negeri Baru Resort Kalianda, Selasa (4/12/18).

Bachtiar juga menjelaskan salah satu tugas dan tanggung jawab Wakil Walikota/Bupati bersama Sekretaris Daerah yakni mengingatkan lhasil kinerja dari seluruh perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Itu mengapa saya jelaskan bahwa Gelarwasda ini sangat penting. Jadi, agar semua juga tahu bahwa itu jelas tanggung jawab Wakil Bupati/Walikota bersama Sekretaris Daerah untuk mengingatkan seluruh OPD yang ada,” ujar Bachtiar.

 

Kemudian, Bachtiar berharap melalui Gelarwasda ini agar semua pihak dapat berperan aktif menyelesaikan tindak lanjut hasil pengawasan.

“Saya berharap apabila ada temuan atau permasalahan dari hasil pemeriksaan untuk segera ditindaklanjuti, kita lakukan sebaik mungkin. Selanjutnya kita serahkan kepada pihak yang lebih berwenang,” kata Bachtiar.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri bersama para Wakil Kepala Daerah yang menjadi peserta acara Gelarwasda di Negeri Baru Resort Kalianda, Selasa (4/12/18).

Pada acara tersebut, Inspektur Provinsi Lampung Syaiful Dermawan selaku Ketua Pelaksana melaporkan bahwa tujuan Gelarwasda tersebut agar tindak lanjut hasil pengawasan diharapkan akan lebih disiplin, efektif, efisien, dan akuntabel.

 

“Dengan dilaksanakannya Gelarwasda ini untuk memberikan informasi hasil pengawasan dan mempercepat terciptanya penyelesaian tindak lanjut serta meningkatkan kualitas pengawasan fungsional sebagai upaya pencegahan terhadap adanya kesalahan dari OPD sebagai obyek pemeriksa,” ujar Syaiful.

Penyerahan Piagam Penghargaan Oleh Wakil Gubernur Lampung kepada Wakil Kepada Daerah dalam acara Gelarwasda

Dalam acara tersebut juga, Nanang Ermanto selaku Plt. Bupati Lampung Selatan mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungan dan silaturahminya di Kota Kalianda Lampung Selatan. “Sungguh ini merupakan kebanggaan bagi kami jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah dilaksanakannya kegiatan Gelarwasda se-Provinsi Lampung Tahun 2018. Kami berharap Gelarwasda yang sangat penting khuhusnya dalam hal penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan sesuai saran dan rekomendasi dari Aparat Pengawas Internal Pemerintan (APIP) ini, menjadikan motivasi, optimalisasi dan peningkatan fungsi pengawasan dan peran Aparatur Pengawas dalam menangani dan menyelesaikan tindak lanjut terhadap hasil pememeriksaan khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik (good governance),” ujarnya.

Photo Bersama : Para Peserta Gelar Pengawasan Daerah Aparat Pengawasan Intern Daerah berphoto bersama Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri

Pada acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan beberapa penghargaan yang diberikan Wakil Gubernur Lampung kepada kabupaten/kota  yang melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab terkait pengawasan dengan baik.(ADV)