Warga Manfaatkan Tempat Pembuangan Sampah Jadi Wahana Perlombaan

Warga Manfaatkan Tempat Pembuangan Sampah Jadi Wahana Perlombaan
Warga Manfaatkan Tempat Pembuangan Sampah Jadi Wahana Perlombaan

radartvnews.com – Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 masih terasa hingga sekarang. Sebagai acara, minggu kemarin  warga Bandar Jaya Timur menggelar perlombaan yang mampu menyedot perhatian masyarakat sekitar.

Sejak pagi ratusan masyarakat Bandar Jaya Timur dan Barat telah berkumpul di area perlombaan menangkap ikan lele di kolam yang sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah.

Anggota DPD RI, Anang Prihantoro mengatakan tempat ini sengaja disulap oleh warga Bandar Jaya Timur menjadi tempat yang lebih bersih dan bermanfaat serta dapat memberikan edukasi, inovasi kepada seluruh masyarakat Lampung Tengah.  Salah satunya adalah tempat untuk perlombaan menangkap ikan.

Dirinya menjelaskan tidak hanya untuk wahana perlombaan, nantinya tempat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan, mulai dari pertanian, kehutanan, perikanan dan pelatihan-pelatihan lainnya oleh masyarakat umum maupun pemerintah daerah.

Ide ini tercipta karena sebelumnya tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah yang kumuh, untuk itu warga Bandar Jaya Timur yang tergabung dalam kredo ini ingin memberikan pembelajaran kepada seluruh masyarakat agar dapat membudayakan hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pihaknya percaya bahwa ditangan orang-orang yang kreatif ini hal apapun yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin, bahkan sesuatu yang dianggap tidak bisa maka akan sangat bisa dilakukan.

Senator yang identik dengan caping gunung ini berharap kedepannya tempat ini dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Lampung Tengah bahkan provinsi Lampung.

Perlombaan ini dibagi atas tiga kategori yakni kategori anak-anak, ibu-ibu rumah tangga dan bapak-bapak. Setiap peserta tidak diperkenankan menggunakan alat bantu apapun untuk menangkap ikan lele.

Menjadi lebih menarik lagi adalah, doorprize yang disiapkan oleh penyelenggara yakni uang tunai. Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan doorprize utama berupa uang tunai 1,5 juta rupiah dan 5 juta rupiah dari anggota DPD RI, anggota DPRD Lampung Tengah dan Wakil Bupati Lampung Tengah, bagi peserta yang mendapat ikan berpita merah putih bertanda khusus.

Wakil Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Menurutnya acara rakyat seperti ini merupakan inovasi terbaru yang merubah tempat sampah menjadi tempat berekreasi. Hal seperti ini juga harus terus dilakukan untuk menciptakan Lampung Tengah yang bersih dan bermanfaat.

Salah seorang peserta kategori anak-anak, Adi mengaku pertama kalinya mengikuti lomba menangkap ikan di kolam ini, meski badannya berlumuran lumpur tapi ia merasa sangat senang.

Adi berharap kegiatan seru seperti ini dapat terus dilakukan setiap tahunnya, karena selain senang mendapat banyak ikan juga senang karena ramai yang mengikutinya.(tika/jef)

loading...