Way Kanan Bergerak, Kota Konsisten

Radartvnews.com – Mahasiswa dan pemuda ini melakukan aksi long march dengan berjalan kaki menuju kantor DPRD Kabupaten Way Kanan, Senin pagi 1 oktober 2019. Dalam orasinya, mahasiswa dan pemuda Way Kanan menyampaikan isu nasional terkait penolakan Rancangan Undang-undang KPK serta isu daerah tentang pembakaran lahan dan pencemaran lingkungan akibat penambangan emas ilegal yang mencemari sungai Way Umpu.

Setelah dua jam menyampaikan orasi di depan Gedung DPRD setempat, unsur pimpinan dan puluhan anggota DPRD Way Kanan menerima rombongan aksi mahasiswa dan berdiskusi secara terbuka di teras gedung milik rakyat Way Kanan.

Ando menambahkan, akibat tambang emas ilegal air Sungai Way Umpu yang seharusnya pada musim kemarau seperti ini dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, namun ini tidak bisa sama sekali karena sudah tercemar.

Sementara Nikman Karim Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan, mengapresiasi atas semangat mahasiswa yang sudah menyampaikan aspirasinya.

Terpisah, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah, menggelar panggung rakyat di area Tugu Adipura Bandar Lampung.

Aksi yang dilakukan para mahasiswa ini untuk menyuarakan berbagai masalah yang dihadapi saat ini menjelang pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Aksi kedua yang dilakukan ini untuk menyuarakan berbagai masalah terkait kebijakan pemerintah, dimulai  permasalahan RUU KUHP, hingga kematian mahasiswa serta pelajar aksi damai yang dilakukan pada Kamis lalu.

Budi menambahkan panggung rakyat yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menyuarakan segala bentuk kegelisahan agar pemerintah mendengarkan apa yang dikeluhkan masyarakat saat ini. (Ded/Ren/Rie)