Yustin Ridho Ficardo Kukuhkan Agen Penggerak Paud Berkualitas

Yustin Ridho Ficardo Kukuhkan Agen Penggerak Paud Berkualitas
Pengukuhan secara simbolis. Foto;humas

radartvnews.com – Bunda Paud Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ridho Ficardo mengukuhkan Agen Penggerak Paud Berkualitas, Pendidikan Keluarga dan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur se-Provinsi Lampung di Ruang Abung Balai Keratun, Senin (09/05/2016).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam arahan Bunda Paud Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menjelaskan Pemerintah terus berupaya keras membentuk generasi yang sehat dan cerdas dengan melucurkan Program 1 Desa 1 Paud.
Untuk itu, Agen Penggerak yang dikukuhkan hari ini merupakan garda terdepan dalam membentuk generasi bangsa yang berkarakter dan bermoral dalam rangka menuju Indonesia yang lebih baik.

Menurutnya, guru pendidik mempunyai peran yang sangat penting sebagai agen perubahan karakter bangsa. Dimana pembelajaran dimulai dari kelas dan sekolah sebagai arena untuk membentuk generasi bangsa yang berkatakter dan bermoral.

“Anak-anak bangsa ini harus dibekali dengan mental berani bersaing, berkompetisi dan mental pemenang dalam rangka menghadapi era kedepan yang merupakan era kompetisi”, jelasnya.

Selain itu, Bunda Paud sekaligus Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo juga mengingatkan akan pentingnya pola asuh keluarga dalam membentuk sikap dan perilaku anak. Keterlibatan orang tua yang aktif dapat memberi efek positif pada berbagai aspek pendidikan termasuk meningkatkan perilaku anak dan adaptasi sosial, mengurangi masalah kedisiplinan di sekolah, meningkatkan kesuksesan di sekolah, dan peningkatan kehadiran di sekolah.

“Agen Penggerak diharapkan dapat mencapai PAUD Terakreditasi, Pendidik yang kompeten, mendidik keluarga menyelenggarakan pendidikan, program gizi-kesehatan, pengasuhan dan perlindungan yang bermutu serta menggerakan guru dan seluruh tenaga kependidikan, keluarga dan lembaga PAUD untuk menyelenggarakan pembelajaran Aku Anak Jujur dan 10 Prinsip Paud”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PW HIMPAUDI Provinsi Lampung Citra Persada menjelaskan bahwa HIMPAUDI telah terbentuk di 15 kabupaten kota sehingga ini merupakan aset besar untuk membangun dan membentuk karakter anak yang bermoral dan jujur.

Yustin Ridho Ficardo Kukuhkan Agen Penggerak Paud Berkualitas
Foto bersama para Agen Penggerak Paud Berkualitas. Foto:humas

Selain itu, pendidikan keluarga memiliki peran penting terhadap hal tersebut, karena anak mempelajari banyak hal dalam keluarga dimulai dari bagaimana berinteraksi dengan orang lain, menyatakan keinginan dan perasaan, menyampaikan pendapat, tutur kata, bersikap, berperilaku hingga bagaimana menganut nilai- nilai tertentu sebagai prinsip dalam hidup.

“Sehingga diharapakan seluruh Agen Penggerak dapat menggerakan seluruh komponen daerah terutama HIMPAUDI dan IGTKI-PGRI se-Provinsi Lampung serta berkoordinasi dan bersinergi terhadap berbagai Program Pendidikan PAUD, Pendidikan Keluarga serta Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur di Provinsi Lampung”, jelansya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah menjelaskan dalam acara ini turut dilaksanakan Rapar Koordinasi HIMPAUDI dan IGTKI-PGRI se-Provinsi Lampung. Acara ini dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Heri Suliyanto, Penasehat PAUD serta Bunda PAUD dan Ketua IGTKI-PGRI Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (Rls/min)